7 Menu Saat Buka Puasa Agar Badan Tetap Bugar

7 Menu Saat Buka Puasa Agar Badan Tetap Bugar
7 Menu Saat Buka Puasa Agar Badan Tetap Bugar

Berpuasa itu sehat, begitu kata banyak ahli. Apalagi, dijalankan sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan yang benar, serta sesuai dengan tuntunan agama.

Pastinya, puasa bukan hanya menyehatkan, tapi juga akan sangat menyenangkan.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, menjadi sehat dan bugar itu mudah meski saat berpuasa sekalipun. Kuncinya, konsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang tepat dan tentu saja memadai.

Nah, apa saja jenis makanan yang pas untuk dinikmati, khususnya saat berbuka puasa? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 7 menu buka puasa agar badan tetap bugar:

Kurma

Harus diakui, secara natural berpuasa membuat tubuh menjadi lemas. Pemicunya, tentu karena tubuh akan kehilangan tenaga.

Sebab itu, untuk mengembalikan stamina sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Selain itu, kurma juga sangat efektif untuk memperlancar pencernaan.

Seperti diketahui, buah yang berasal dari daratan Timur Tengah ini mengandung nutrisi penting untuk tujuan itu.

Buah-buahan

Konsumsi 2 Buah Pisang Tiap Hari Punya Manfaat Luar Biasa
Konsumsi 2 Buah Pisang Tiap Hari Punya Manfaat Luar Biasa

Selain kurma, tak sedikit sebenarnya buah-buahan yang bisa diandalkan untuk membuat tubuh sehat selama berpuasa.

Buahan tersebut tentunya yang segar, kaya akan vitamin dan mineral. Serta, dengan kandungan air yang tinggi.

Fungsinya, tak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga membantu usus agar dapat mencerna makan lebih mudah.

Sayur-sayuran

Berpuasa akan membuat lambung jadi mengecil dan enzim pencernaan pun berkurang.

Untuk membuat keduanya kembali normal sangat disarankan mengonsumsi sayur-sayuran hijau.

BACA JUGA: Jangan Kaget! Ini Porsi Makan Deddy Corbuzier Saat Diet OCD

Pasalnya, jenis makanan ini mengandung banyak nutrisi dan serat yang tinggi.

Selain protein dan mineral, jenis sayur-sayuran mengandung zat besi.

Ikan

Tak kalah pentingnya adalah ikan. Dalam segala situasi ikan sangat dibutuhkan tubuh.

Karena manfaatnya yang sangat menyehatkan. Apalagi, di saat berpuasa, sejatinya ikan menjadi menu prioritas.

Karena, kandungan nutrisinya yang berlimpah. Selain kaya protein, di dalamnya terdapat pula omega 3, antioksidan, vitamin D dan B2, serta sejumlah mineral.

Telur

Buat mereka yang berpuasa, mengonsumsi telur juga sangat penting. Karena telur mengandung banyak protein, plus sekitar sembilan macam asam amino yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Jadi, telur yang umumnya mengandung sebanyak 6 g protein ini sangat baik untuk menutrisi tubuh saat berpuasa.

Madu

Berpuasa bisa dipastikan akan membuat stamina menurun. Karenanya, untuk mengembalikan tenaga sangat dianjurkan minum madu.

Seperti diketahui, madu mengandung glukosa dan fruktosa. Bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, sekaligus mengatasi gangguan pencernaan karena berpuasa.

Yogurt

Jenis minuman ini juga sangat ideal untuk yang berpuasa. Karena banyak mengandung sumber energi, protein, mineral dan vitamin.

Semua itu tentu sangat baik untuk pencernaan dan membuat tubuh tak mudah lelah.

Baca berita Gaya Hidup lainnya di tautan ini dan berita terkini dari PELITA.CO.ID di Google News dengan klik tautan ini.

TERPOPULER:

PELITA.CO.ID di WhatsApp: pelita.co.id di WhatsApp Channel Dapatkan aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play: pelita.co.id di Google Apps PELITA.CO.ID di Google News: pelita.co.id di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan