Aplikasi Jakarta Kini Generasi 3.0 Jadi Kado HUT ke-496 Jakarta

Aplikasi JAKI untuk sistem operasi Android. Foto: pelita.co.id/Mulyono Sri Hutomo
Aplikasi JAKI untuk sistem operasi Android. Foto: pelita.co.id/Mulyono Sri Hutomo

Jakarta, pelita.co.idSebagai kado ulang tahun ke-496 Kota Jakarta, Unit Pengelola Jakarta Smart City (UP JSC) merilis pembaruan aplikasi Jakarta Kini Generasi 3.0. Untuk diketahui, Jakarta Kini yang dikenal dengan sebutan Jaki merupakan aplikasi super (super apps) yang mengintegrasikan beragam informasi dan layanan publik di Provinsi DKI Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Sigit Wijatmoko menuturkan bahwa kenyamanan dan kemudahan pengguna merupakan fokus utama dari pengembangan Jakarta Kini.

Bacaan Lainnya

“Melalui pembaruan versi 3.0 ini warga Jakarta pengguna aplikasi Jakarta Kini dapat lebih mudah mengakses informasi dan layanan publik digital terkini di Jakarta,” ujar Sigit dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2023).

Sebagai super apps, platform Jakarta Kini akan terus dikembangkan baik dari sisi tampilan pengguna (user interface) maupun penambahan fitur untuk pengalaman pengguna (user experience). “Harapannya ke depan Jakarta Kini terus melakukan inovasi dengan mengintegrasikan berbagai layanan publik digital dari berbagai perangkat daerah ke dalam satu platform aplikasi,” ucap Sigit.

BACA JUGA: BCA Keyboard, Cara Aman dan Mudah Transaksi Perbankan Digital

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City (UP JSC) Yudhistira Nugraha menjelaskan tiga perubahan yang ada pada Jakarta Kini Generasi 3.0.

“Pertama, platform aplikasi Jakarta Kini saat ini sudah dwibahasa dalam rangka beradaptasi dengan arah perkembangan Jakarta sebagai kota global. Dengan pilihan tampilan bahasa Inggris, platform Jakarta Kini menyasar pengguna baru dari kalangan ekspatriat ataupun turis mancanegara yang sedang berkunjung ke Jakarta,” ujarnya.

Selanjutnya, UP JSC juga melakukan personalisasi informasi dan layanan pada platform aplikasi Jakarta Kini. “Tampilan Jakarta Kini Generasi 3.0 ini telah beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur yang dibuat dengan mudah,” tambah Yudhistira.

Perubahan ketiga adalah pada kategorisasi layanan. “Di aplikasi Jakarta Kini telah dilakukan pengkategorisasian layanan sesuai dengan ketertarikan terhadap isu yang dicari. Setiap pengguna akan memiliki pengalaman yang berbeda dalam menggunakan Jakarta Kini,” pungkas Yudhistira.

Untuk merasakan langsung pembaruan aplikasi Jakarta Kini Generasi Ketiga, pengguna lama dapat melakukan update pada Playstore untuk pengguna ponsel dengan sistem operasi Android dan Appstore untuk pengguna sistem operasi iOS.

Baca berita Nasional lainnya di tautan ini dan berita terkini dari PELITA.CO.ID di Google News dengan klik tautan ini.

Baca berita lebih cepat, unduh aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play di tautan ini.

PELITA.CO.ID di WhatsApp: Dapatkan aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play: PELITA.CO.ID di Google News:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan