RESENSI: It’s the Manager, Migrasi dari Bos ke Pelatih dalam Dunia Manajemen oleh Jim Clifton dan Jim Harter

Buku "It's the Manager: Moving From Boss to Coach" karya Jim Clifton dan Jim Harter. Foto: pelita.co.id/Mulyono Sri Hutomo
Buku "It's the Manager: Moving From Boss to Coach" karya Jim Clifton dan Jim Harter. Foto: pelita.co.id/Mulyono Sri Hutomo

Buku “It’s the Manager: Moving From Boss to Coach” yang ditulis oleh Jim Clifton dan Jim Harter, dua tokoh terkemuka dalam dunia manajemen, membawa perspektif baru terhadap peran seorang manajer dalam lingkungan kerja yang terus berubah.

Dengan menekankan peralihan dari gaya kepemimpinan tradisional menjadi peran pelatih, buku ini menyajikan pandangan yang inovatif tentang bagaimana manajer dapat membentuk budaya perusahaan yang dinamis dan memotivasi.

Bacaan Lainnya

Pergeseran Paradigma Manajemen

Buku ini mencerminkan pergeseran paradigma dalam dunia manajemen modern, yang semakin mengedepankan peran seorang manajer sebagai pelatih daripada sekadar sebagai atasan.

Penekanan pada kepemimpinan yang memotivasi, mengembangkan, dan memberdayakan karyawan menjadi kunci utama dalam mencapai keberhasilan jangka panjang.

Clifton dan Harter menyoroti pentingnya memberikan dukungan dan panduan kepada tim untuk mencapai potensi penuh mereka.

Salah satu pokok pikiran utama dalam buku ini adalah konsep bahwa manajer yang efektif bukan hanya memberi perintah, tetapi juga berfungsi sebagai pelatih yang memandu dan mengembangkan bakat di dalam tim.

BACA JUGA: Great At Work oleh Morten T. Hansen, Kunci Sukses dalam Produktivitas dan Prestasi

Proses pengembangan karyawan tidak hanya berdampak pada produktivitas perusahaan tetapi juga menciptakan iklim kerja yang positif.

Buku ini memberikan pandangan mendalam tentang strategi dan praktik terbaik dalam pengembangan karyawan, membantu manajer memahami kebutuhan unik dari setiap individu dalam tim mereka.

Penerapan Prinsip-prinsip Coaching dalam Manajemen Sehari-hari

Business Model Generation Panduan Memulai Bisnis
Business Model Generation Panduan Memulai Bisnis

Buku ini tidak hanya memberikan ide dan konsep, tetapi juga menawarkan panduan praktis tentang cara menerapkan prinsip-prinsip coaching dalam situasi sehari-hari.

Melalui contoh-contoh kasus dan studi kasus, Clifton dan Harter membantu pembaca memahami bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan anggota tim, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa didengar dan dihargai.

Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya budaya perusahaan yang kuat sebagai fondasi bagi keberhasilan manajemen berbasis pelatih.

Pembaca diajak untuk memahami bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan inovasi, di mana setiap anggota tim merasa terlibat dan memiliki tanggung jawab terhadap visi perusahaan.

“It’s the Manager: Moving From Boss to Coach” bukan hanya sebuah buku, tetapi sebuah panduan komprehensif bagi para pemimpin yang ingin memahami peran baru mereka dalam dunia manajemen yang terus berkembang.

Dengan penekanan pada kepemimpinan berbasis pelatih, buku ini mengilhami manajer untuk meninggalkan model tradisional dan beralih ke pendekatan yang lebih inklusif dan memotivasi.

Dalam era di mana budaya perusahaan dan pengembangan karyawan menjadi kunci kesuksesan, karya ini memberikan wawasan berharga untuk membantu perusahaan dan individu mencapai potensi penuh mereka.

PELITA.CO.ID di WhatsApp: Dapatkan aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play: PELITA.CO.ID di Google News:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan