Tak Perlu Bingung, Begini Cara Setting Face ID iPhone yang Benar

Cara Setting Face ID iPhone. Foto: Unsplash/Faraz Arshad
Cara Setting Face ID iPhone. Foto: Unsplash/Faraz Arshad

Face ID iPhone menjadi salah satu fitur yang dibuat secara khusus untuk meningkatkan keamanan pada gadget keluaran Apple.

Jika dilihat dari sekitar, Anda pasti kerap menemukan banyak orang yang menghadapkan wajah ke perangkat smartphone-nya, guna membuka akses HP.

Bacaan Lainnya

Pertama kali disematkan pada tahun 2017 di tipe iPhone X, teknologi tersebut cukup menarik perhatian. Sebab, para pengguna tidak perlu repot memasukkan PIN atau password untuk bisa menggunakan ponselnya.

Fitur pemindai wajah dari handphone besutan Tim Cook dibuat untuk menggantikan Touch ID sebagai keamanan biometrik. Pasalnya, seri iPhone X ke atas sudah tidak menggunakan tombol Home.

BACA JUGA: Siri iPhone, Begini Cara Menonaktifkan di Kunci Layar

Cara Setting Face ID iPhone. Foto: Unsplash/Faraz Arshad
Cara Setting Face ID iPhone. Foto: Unsplash/Faraz Arshad

Fungsi Face ID iPhone

Menggunakan teknologi gabungan yang canggih seperti sensor TrueDepth dan processor yang bertenaga, Face ID mampu menangkap dan menyimpan data wajah dengan lebih akurat.

Dengan begitu, fitur tersebut bisa berfungsi dengan baik di segala macam kondisi.

Penggunaan modul khusus yang bisa memindai lebih dari 30.000 titik wajah dan juga feature Secure Enclave membuat Face ID memiliki kemampuan yang sangat cepat dan aman ketika digunakan.

Tak hanya itu, teknologi yang satu ini juga memiliki keunggulan untuk menyimpan pola wajah dalam modul yang terlindungi dan hanya bisa diakses oleh pemilik HP itu sendiri. Dengan begitu, membuka lockscreen jadi lebih mudah hanya dengan sekali tatap.

Bahkan, Face ID iPhone mampu mengadaptasi perubahan yang terjadi pada wajah seperti penggunaan kosmetik, kondisi gelap hingga mencukur jenggot yang lebat.

BACA JUGA: Kilas Balik iPhone 7 32GB, Penantang Samsung Galaxy S7

Cara Setting Face ID

Sebelum mengaktifkan Face ID, ada baiknya Anda memastikan bahwa kamera TrueDepth dan wajah Anda tidak tertutup atau terhalang benda asing.

Jika hal tersebut sudah aman, Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk mengaktifkannya:

  • Buka Pengaturan atau Setting
  • Pilih “Face ID & Passcode”
  • Setelah itu pilih “Set Up Face ID” dan pilih “Get Started”
  • Ketika proses pemindaian, pastikan wajah kamu berada di posisi yang tepat
  • Setelah itu gerakkan kepala secara melingkar hingga semua sisi berhasil terdeteksi oleh Face ID
  • Setelah scanning pertama berhasil, Anda akan diminta untuk melakukan proses yang sama untuk pemindaian kedua.
  • Jika sudah berhasil, Pilih “Done” dan Face ID iPhone siap digunakan.

Face ID iPhone Bisa Buat Apa Saja?

Tak hanya dimanfaatkan untuk membuka lockscreen, Anda juga bisa menggunakan pemindai wajah ini untuk meningkatkan keamanan pada beberapa aplikasi handphone.

Face ID iPhone bisa disambungkan ke sejumlah aplikasi seperti iCloud, App Store, iTunes, dan Apple Pay. Bukan hanya itu, teknologi ini bahkan dapat pula diatur untuk membuka lock WhatsApp, serta aplikasi e-wallet guna melakukan pembayaran.

Untuk memanfaatkan fitur ini dengan lebih maksimal, hanya perlu melakukan sinkronisasi dengan iCloud. Dengan begitu, secara otomatis berbagai apps yang dipilih bisa diakses dengan menggunakan Face ID.

Baca berita Teknologi dan Gaya Hidup lainnya di tautan ini dan berita terkini dari PELITA.CO.ID di Google News dengan klik tautan ini.

Baca berita lebih cepat, unduh aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play di tautan ini.

TERPOPULER:

PELITA.CO.ID di WhatsApp: pelita.co.id di WhatsApp Channel Dapatkan aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play: pelita.co.id di Google Apps PELITA.CO.ID di Google News: pelita.co.id di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan