Wamenkominfo Nezar Patria: Sektor Pos Dukung Layanan Publik Pemerintah

Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria dalam acara sosialisasi PM Kominfo No. 3 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pos Dinas Lainnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa, (12/09/2023). Foto: Dok. Kominfo
Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria dalam acara sosialisasi PM Kominfo No. 3 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pos Dinas Lainnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa, (12/09/2023). Foto: Dok. Kominfo

Jakarta, pelita.co.id Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria menyampaikan saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 700 badan usaha penyelenggara pos, dengan penguasaan titik layanan mencapai lebih dari 14.000 titik di seluruh penjuru negeri. Keberadaan usaha layanan pos yang menghubungkan layanan secara fisik dan virtual itu membentuk konektivitas pos yang luas dari Sabang sampai Merauke.

“Sektor pos memiliki peran startegis karena dapat mendukung kebutuhan layanan publik,” kata Wamenkominfo Nezar Patria dalam Sosialisasi PM Kominfo No. 3 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pos Dinas Lainnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa, (12/09/2023).

Bacaan Lainnya

“Sektor pos juga memfasilitasi kegiatan penyediaan layanan publik oleh berbagai Kementerian dan Lembaga. Seperti contohnya di sektor keuangan, kami bekerja sama dengan Bank Indonesia dan OJK menghadirkan layanan transaksi keuangan oleh penyelenggara pos,” ujarnya.

Wamen Nezar Patria juga menyontohkan Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Badan Karantina Pertanian yang memanfaatkan sektor pos untuk isu ekspor–impor barang kiriman serta karantina hewan, ikan, dan tumbuhan.

BACA JUGA: Komisi I DPR RI dan Kominfo Gelar Sosialisasi Analog Switch Off dan Serahankan Bantuan Set Top Box

“Selain berperan sebagai penghubung komunikasi antar individu, sektor pos juga merupakan enabler bagi berbagai bidang atau sektor ekonomi lain,” ungkapnya.

Bahkan sektor pos berperan mendukung penyaluran logistik kebencanaan untuk pemulihan suatu daerah pasca terjadinya bencana alam.

“Sektor pos juga menyediakan akses jaringan keuangan bagi underbanked dan unbanked population sehingga mewujudkan keuangan yang inklusif,” tutur Wamenkominfo.

Oleh karena itu, sesuai dengan amanat dari Undang-Undang No. 38 Tahun 2009 tentang Pos, Kementerian Kominfo mengesahkan dan meluncurkan Peraturan Menteri Kominfo No. 3 Tahun 2023 Penyelenggaraan Pos Dinas Lainnya.

“Salah satu pengaturan berkaitan dengan pos bersifat kedinasan, nonkomersial, dan untuk kepentingan negara. Kami berharap sektor pos dapat berkontribusi lebih besar dalam mendukung program instansi penyelenggara negara,” jelasnya.

Baca berita Nasional terbaru lainnya di tautan ini dan berita terkini dari PELITA.CO.ID di Google News dengan klik tautan ini.

Baca berita lebih cepat, unduh aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play di tautan ini.

PELITA.CO.ID di WhatsApp: pelita.co.id di WhatsApp Channel Dapatkan aplikasi PELITA.CO.ID di Google Play: pelita.co.id di Google Apps PELITA.CO.ID di Google News: pelita.co.id di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan